Saturday, 12 September 2015

MOTIVASI DAN KEBUTUHAN



AJI PERMANA
 

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (IPB) (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc 
(www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Kuliah pertama: Kamis, 3 September 2015
CATATAN Mata Kuliah Perilaku Konsumen pertemuan ke-2


Kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari namun terkadang kita tidak mengetahui arti dibalik kata yang kita denga seperti halnya kata yang sudah tidak asing lagi yakni "MOTIVASI". Motivasi muncul karena adanya dorongan dari dalam diri seorang individu agar melakukan suatu tindakan. Motivasi didasari oleh kebutuhan yang diinginkan oleh individu sehingga muncul dorongan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Model Schiffman dan Kanuk (2000), menyatakan bahwa motivasi muncul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi. akibatnya munculah suatu tekanan yang akan menghasilkan suatu dorongan untuk memenuhi suatu kebutuhan tersebut sehingga mendorong individu untuk bertindak agar tujuan nya terpenuhi untuk memenuhi kebutuhannya. setelah kebutuhannya terpenuhi maka tekanan yang muncul sebelum melakukan suatu tindakan akan berkurang dan proses ini akan berlangsung terus menerus sampai individu tersebut merasa puas.


Perilaku berorientasi tujuan. Tujuan merupakan suatu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Tujuan Generik 
Tujuan Generik merupakan tujuan yang sifatnya masih umum. contohnya keinginan untuk membeli handphone.
  • Tujuan Produk Khusus 
Tujuan Produk Khusus merupakan tujuan yang sifatnya sudah spesifik, misalnya menyebutkan peruntukan, merk/brand, tipe. contohnya yaitu keinginan untuk membeli Handphone iPhone 6s Gold.

TEORI KEBUTUHAN
Teori Maslow : menurut teori ini manusia memiliki lima (5) kebutuhan yaitu:
  1. Kebutuhan Fisiologis : Kebutuhan mendasar seperti makan, udara, sex.
  2. Kebutuhan Rasa Aman dan Keamanan : Perlindungan HAM, perundang-undangan
  3. Kebutuhan Sosial : Kebutuhan rasa kasih dan sayang antar sesama dan lingkungan
  4. Kebutuhan Ego : Percaya diri, status, harga diri, kebutuhan berprestasi
  5. Aktualisasi Diri : Kuasa dan sukses
Teori McClelland : menurut teori ini, kebutuhan manusia dibedakan menjadi tiga (3), yaitu:
  1. Kebutuhan Sukses (achievment) : kebutuhan mencapai prestasi, reputasi dan kakrir yang baik
  2. Kebutuhan Afiliasi (Affiliation) : kebutuhan untuk membina hubungan dengan sesamanya
  3. Kebutuhan Kuasa (power) : Kebutuhan untuk mengontrol sesuai dengan kehendaknya
Dari kedua teori diatas, masing-masing teori memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
Kekurangan Teori Maslow :
  • Tidak menjelaskan mengenai kebutuhan rohani manusia karena kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang mutlak ada pada diri manusia. 
Kekurangan Teori McCleland :
  • Tidak ada kebutuhan dasar seperti kebutuhan makan, udra, sex
  • kebutuhan sukses seharusnya ditempatkan setelah kebutuhan afiliasi
  • kebutuhan sukses dan kebutuhan kuas memiliki pengertian yang hampir sama
  • tidak adanya kebutuhan rohani




No comments:

Post a Comment