Sunday, 8 June 2014

Recognition rather than recall -www.beligajet.com



Minimize the user’s memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate.( JAKOB NIELSEN, 1995).

Maksud dari Recognition rather than recall yaitu sebisa mungkin website mempermudah user , seperti jangan membiarkan pengguna perlu mengingat instruksi untuk menjalankan suatu fungsi. buatlah sistem yang mudah digunakan dan terlihat fungsi-fungsinya tanpa user harus mengulang ke halaman sebelumnya .

Pengguna dapat mengetahui dimana posisi mereka berada atau pengguna tau jalur menu mana saja yang telah mereka lalui. Sebuah situs biasanya menggunakan breadcrumb agar pengguna bisa melakukan recognition atau mengetahui dimana posisi mereka saat ini hal ini bertujuan agar mereka tidak melakukan recall
 
Dalam website www.beligajet.com  , terdapat masalah yang sebenarnya sepele namun sangat tidak efiesien karena adanya hal tersebut . dari analisa yang di lakukan , bahwa user diharuskan mengingat apa yang telah dipesannya tanpa da pemeberitahuan terlebih dahulu untuk mengingatnya sebelum user mengklik “order” , baru setelah user mengklik “order” , user dibawa ke halaman “cara order” yang mana pada sistem ini harus mengorder melalui pesan singkat (SMS) dengan format harus mencantumkan nama barang yang dipesannya , tanpa danya breadcrumb membuat user harus mem-back halaman untuk mengetahui nama dari apa yang di pesannya .


Rekomendasi:
  • seharusnya pada halaman order diberikan informasi produk apa yang user pilih sebelumnya. sehingga user tidak perlu lagi kembali ke halaman sebelumnya .
  • adanya breadcrumb sehingga user tau posisi dan apa yang telah ia lakukan. 

Saverity Ratings: 4

1 comment:

  1. Mungkin bagi user yang sudah pernah melakukan transaksi, hal tersebut masih bisa ditanggulangi, namun untuk yang baru pertama kali user dituntut untuk memberi effort ekstra untuk mengingat.

    ReplyDelete