Sunday 8 June 2014

Help and documentation-www.beligajet.com

Help and document meruapakan aspek terakhir yang perlu diperhitungkan dalam mendisain suatu  website , karena adanya fasilitas bantuan akan mempermudah user dalam menghadapi kendala yang ditemukannya baik dalam pemesanan maupun dalam hal lainnya. 

Even though it is better if the system can be used without documentation, it may be necessary to provide help and documentation. Any such information should be easy to search, focused on the user’s task, list concrete steps to be carried out, and not be too large.

Dari website www.beligajet.com tidak ditemukannya adanya tab help/tentang kami/kontak kami. Mungkin dikarenakan bahwa pemilik UKM ini hanya untuk menampilkan barang yang diperjualkannya, di bagian bawah web page terdapat menu F.A.Q dimana segala pertanyaan yang sering ditanyakan sudah terdapat disana dan jika user memiliki pertanyaan lain , pemilik UKM memberikan ruang tanya melalui pesan singkat.

Namun menurut saya ini lah masalah yang ditimbulkan , seperti peribahasa “bagai makan buah simalakama” . pemilik UKM memberikan ruang untuk bertanya melalui pesan singkat, namun tidak memberi tau user ke nomor mana harus dihubungi . karena nomor yang di berikan oleh pemilik UKM hanyalah nomor untuk mengorder saja . lihat gambar dibawah ini :



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Foto yang disajikan jika kita telah mencari produk maka view yang ditampilkan sangatlah besar dan saya rasa itu tidak rapih , membuat kesan bahwa website tidak profesional , sehingga perlulah diadakannya resize sebelum gambar produk di upload .



Rekomendasi:
  • Pada halaman "sering ditanyakan" , dicantumkan nomor yang dapat dihubung. karena pada halaman klaim garansi yang terdapat di footer , pengembang hanya mencantumkan nomor untuk pemesanan saja.
  • sebaiknya halaman klaim dan garansi dibuat menu baru diatas , karena penempatan link di footer sulit dan jarang dilihat user , karena kecenderungan user hanya melihat bagian body dan header saja.
  •  diadakannya halaman contac us baik melalui email maupun SMS , sehingga user yang bingung bisa menggunakan fasilitas tersebut

Saverity Ratings:4

1 comment:

  1. Untuk masalah nomor, walaupun disitu tertera untuk order, namun biasanya user tetap menanyakan "help" ke nomor itu juga. Apakah untuk documentasi website ini tidak ada masalah? seperti ukuran foto produk dsb,

    ReplyDelete