Saturday, 7 June 2014

Error prevention-www.beligajet.com



Setelah kita membahas beberapa aspek mengenai  Heuristic Evaluation , sekarang saya akan membahas mengenai error prevention

Even  better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action.( JAKOB NIELSEN, 1995).

Tujuan dari error prevention adalah bagaimana sebuah website dapat digunakan untuk mencegah terjadinya suatu error yang dibuat oleh pengguna akibat kesalahan memasukkan input atau menjalankan suatu tugas  fungsi website tersebut.

Namun seperti yang telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya yang berjudul control and freedom-www.beligajet.com . Bahwa di website ini tidak banyak hal yang dapat di eksplorasi oleh user, semisal fiktur input hanya ada pada bagian testimoni dan search saja . meskipun user salah menginput data pada testimoni , akan tetap ter-record oleh sistem ,






 dan jika user salah mengetikan nama barang yang dicarinya , sistem akan melakukan pencarian dan menampilkan bahwa hasil tidak diketemukan.

Rekomendasi:
  • Pada form pemberian tetimoni , hanya gunakan nama saja , sehingga pengembang tidak harus memberikan keterangan ID/fb/kaskusdi bawah label "nama" . 
  • jika tetap ingin user menginputkan id/kaksus/fb , buatlah isian baru dan buatlah standar penulisan agar jika user salah dalam menginput id/kaskus/fb akan ada peringatan khusus .
Saverety Ratings:1

No comments:

Post a Comment