Tuesday, 12 July 2011

Pengorbanan Seorang Sahabat

    Cuaca siang itu terasa menyengat¸keringat bercucuran dikening para pemain basket SMPN 1 Serayu , cakka selaku ketua tim basket dengan lihai mendrible bola menuju ring basket dan memasukan bola itu dengan cepat.seluruh penonton memberikan sorakan penyemangat pada cakka.cakka adalah siswa terpopuler di sekolah tersebut.
    Setelah slesai bermain basket, cakka dan Agni duduk saling berdampingan di pinggir lapangan basket, seraya merasakan sejuknya tiupan angin. Agni ialah sahabat cakka , ia dikenal sebagai sosok yang tomboy di sekolah tersebut , karena ia sangat jago dalam  bermain basket dan karatenya.
“cak,gimana permainan basket gue tadi , bagus gak?????”tanya agni
“kereeeeeeeeen banget,dua jempol deh buat loe,loe makin lincah ag mainnya. Gue bangga punya sahabat kaya loe”jawab cakka.
Wajah agni memerah mendengar ucapan cakka.

    Pandangan cakka menyorot setiap sudut keadaan  , terlihat gadis pujaannya sedang duduk sambil membaca buku di depan perpustakaan.Ia adalah oik,salah satu murid teladan kebanggaan SMPN 1 serayu,ia selalu mendapatkan beasiswa education karena prestasinya yang ia perolehnya itu. Dengan segera cakka menghampiri oik yang sedang sibuk dengan buku bacaannya.
“ehemmmm,haiiiiiiiiiiii........”sapa cakka dengan gaya andalannya yang cool.
‘hai juga......”saut oik dengan muka cuek.
“nanti ulang bareng yukkkkkkkkk,aku bawa motor loh”ajak cakka
“terimakasih ,tapi aku bawa sepeda cak,”
”yahhhhhh,”cakka sedikit kecewa mendengar jawaban dari oik.
”gini aja, sepedanya kamu titipin aja di sekolah , besok berangkatnya aku jemput.”usul cakka dan berharap oik mau pulang bareng dengannya.
”tapi aku lebih suka naik sepeda.”tersirat rasa kecewa di wajah cakka,tapi cakka tak lekas putus asa, terbersit sebuah ide cemerlang.
”gimana kalau aku pulang bareng sama kamu naik sepeda ???????”
”tapi ,,,,,motor kamu??????”
”nanti aku suruh kakakku ambil motornya”
”aku pulangnya lewat pesawahan cak,apa kamu gak nyesel pulang bareng sama aku????”
”gak lah, Cuma pesawahan kok , demi pulang bareng sama kamu , bahkan lewat jalan berapi pun aku jabanin ,heheheheheheh”
”akhhhhhh, cakka kamu pinter ngegombal ikhhhhhh,terserah kamu aja deh”
”asyikkkkkkk,oke deh kalau begitu aku masuk kelas dulu ya”
”ya, ntar sepulang sekolah aku tunggu di depan pintu gerabang sekolah ya”
”okeeeeeeeeeeeeeee”

    Suasana di kela 7B begitu ramai, cakka dan agni sedang asyik membicarakan pertandingan basket minggu lalu. Bu ika,  wali kelas 7B masuk dengan seorang siswi cantik.
”pagi anak-anak,”sapa Bu ika.
”pagi juga buuuuuuuuuu,”ucap seluruh murid.
”hari ini kita kedatangan teman baru, silahkan perkenalkan diri kamu kepada teman-teman”
Semua mata tertuju pada sosok yang sangat cantik di depan kelas , ia amat modis dan anggun.
”haiii teman-teman,perkenalkan nama saya ify,saya pindahan dari SMPN 3 Baleendah Kabupaten Bandung”ify memperkenalkan dirinya kepada teman-teman.
”baiklah , ify silahkan duduk di dekat cakka”perintah bu ika kepada ify.
”dab kamu agni,kamu untuk sementara duduk disamping obiet ya”sambung bu ika.
”ya buuu”agni berjalan menuju tempat duduknya walupun ia tidak suka dengan keputusan itu. Ify pun berjalan menuju tempat dduk cakka,di sambut dengan sorakan dari teman-teman cakka.sepanjang mata pelajaran,cakka terus membayangkan wajah oik yang sedang tersenyum padanya,rasanya ia ingin menghancurkan tembok pemisah antara kelasnya dengan kelas oik yang berada di kelas 5A. Lamunan Cakka buyar ketika agni melempar sebuah kertas tepat mengenai muka Cakka. Cakka melihat agni penuh tanya ,agni memberikan isyarat dengan lirikan matanya  bahwa sedari tadi ify terus memperhatikan cakka.  cakka melirik pada ify dan ternyata benar ify terus tertegun memandang cakka,cakka merasa tidak nyaman telah diperhatikan ify dari tadi.

    ”teng,,,teng,,teng,,,”Tak terasa bell tanda pulang pun berbunyi,dengan semangat cakka keluar untuk menemui gadis pujaannya itu di depan pintu gerbang sekolah,tiba-tiba agni menghampiri cakka ketika cakka sedang menuju ke pintu gerbang sekolah.
”cak,hari ini loe latihan sama anak-anak ya.”
”aduh ag, maaf banget ya,hari ini  gue mau pulang sama oik.jadi kamu yang pimpin sementara ya,pleaseeeeeeee”.cakka memohon-mohon pada agni.
”tapi,,,,,,,,,,,”agni kebingungan.
”ayo dong ag,loe kan tau sendiri kalau gue suka sama oik dan susah banget buat ngedeketin dia. Jadi loe mau bantu gue kan?????”
”ya udah deh,loe pergi aja.”dengan rasa keberatan agni menerima permintaan cakka.
“thanks ya agni ku sayangggggggggg”cakka lekas mencubit pipi agni dan ia segera pergi menemui oik, sedangkan agni merasa kecewa tidak dapat berlatih basket bersama cakka.tidak bisa dipungkiri bahwa agni menyukai cakka   lebih dari sebatas sahabat , tapi agni tau bahwa sampai kapanpun cakka tidak akan pernah menyukainya.”sahabat tetaplah sahabat”ucap agni pilu

    Oik telah berdiri di depan pintu gerbang sekolah,menunggu cakka yang akan pulang bersamanya ,akhirnya cakka pun muncul juga.
“hai oik,lama menunggu ya????”
“gak kok, ayo pulang”
Cakka menaiki sepeda oik,sedangkan oik duduk di belakang jok sepedanya. Mereka melewati pesawahan,bukit-bukit dan perkampungan. Merekapun bermain-main dilapangan terbuka,berlari-lari dan bernyanyi bersama ,mereka bagaikan pasangan yang serasi. Cakka Sangay bahagia bisa
 Pulang bersama gadis pujaannya itu. Saat cakka berlari mengejar oik,tiba-tiba cakka terpeleset hingga ia terjatuh kesaluran air yang ada di dekat pesawahan. Baju seragam yang ia pakai pun belepotan oleh lumpur,sontak membuat oik tertawa.
“hahahahahahahaha,ya ampuuuuuuun cakka,kamu kotor banget”oik tertawa tiada hentinya,
“jangan diketawain dong,bukannya nolongin malah ngetawain, huh”cakka pun mengambil lumpur dengan tangannya dan melemparkan pada oik.
“ikkkkhhhhh cakka, apa-apaan sih kamu????!!!!!!aku jadi ikut-ikutan kotor nihhhhh”
“nggak apa-apa dong, biar kita satu sama”
Oik tidak mau kalah ,ia pun terjatuh ke saluran air yang penuh lumpur itu,merekapun saling lempar lumpur.

    Di lapangan basket, agni sedang mendrible bola basket,tiba-tiba ify mendekati agni dan menghentikan permainan agni.
”ada  apa????”tanya agni bingung.
”cakka mana??kata anak-anak biasanya cakka main basket sama loe di sini”
”dia lagi jalan sama oik,cewek pujaannya’jawab agni sambil terus mendrible bola basket.
”hahhhhhhh!!!!!!!!!!!!!oik????????!!!!!!!!!kayaknya nama itu familiar banget yah ???????”dengan nada sinisnya.
”hemmmmmmm,oik itu siswi kebanggaan di sekolah ini,dia yang sering mewakili sekolah ini untuk mengikuti lomba-lomba education.
”jadi cakka suka sama oik????”tanya ify penasaran.
”kurang lebih begitu.”jawab agni.
Dengan kesalnya ify langsung meninggalkan agni.

    (Tak terasa ifi sudah dua minggu menjadi siswi di SMPN 1 Serayu.dia pun semakin akrab dengan cakka)
   
    Sebelum jam pelajaran pertama dimulai,ify menunggu kedatanga cakka.
”hai cak,”sapa ify dengan senyumnya yang mempesona.
”hai juga fy,ada apa??????tumben pagi banget”tanya cakka.
”nanti siang temenin aku ke toko buku ya,mau kan?????”pinta ify.
”beli buku apa??’tanya cakka
”novel ya??”Sambung cakka.
“ya,”jawab ify singkat.
“oke dehhhh…….”

Akhirnya cakka meminta izan pada agni untuk menggantikannya memimpin latihan basket.
“ag,kamu yang mimin anak-anak berlatih basket ya nanti siang”
“aku mau nganter ify ke toko buku nih.”Sambung cakka
“ya udahlah,terserah lah,kamu emang dah gak peduli lagi sama tim basket sekolah kita,loe lebih mentingin kepentingan pribadi loe cak”agni kesal dan meninggalkan cakka sendirian.

    Di kelas 7A,oik sedang membaca buku bacaannya . Tiba-tiba,ify menghampiri oik.
“heh,loe oik ya???”tanya ify sinis.
“iya,ada apa???”oik bingung.
“gue cuma mau kasih tau,mulai Sekarang kamu gak usah deh deketin cakka lagi , karena sekarang gue sama cakka udah jadian”.
“haaaaahhh???????jadian??????”tanya oik bingung serta kaget.
“ya. Terus gue denger-denger hari ini loe mau ngajak cakka ke pesawahan ya????aduh,maaf  banget yah,cakka gak mungkin mau pergi ke tempat kumuh dan kotor kaya gitu,lagian gue sama cakka mau ke toko buku,jadi tolong deh jauhin cakka”ify memanas-manasi hati oik.
“maaf yah kalau selama ini aku ganggu hubungan kalian,permisi”oik lekas pergi sambil meneteskan air matanya. Ify tersenyum simpul melambangkan kemenangannya.

    Oik menangis di koridor melihat cakka dan ify jalan bersama.Agni yang ingin turun ke lapangan basket tidak sengaja melihat oik sedang menangis di koridor.
“oik,kamu kenapa????”tanya agni.
”ag,aku gak kenapa-kenapa kok”oik segera menghapus air matanya itu.
”yakin kamu gak kenapa-kenapa??????simpati agni.
”aku sahabatnya cakka,cerita aja”sambung agni.
”aku sedih,ternyata ify sama cakka udah jadian,tau begini dari awal lebih baik aku jauhin cakka,aku kecewa sama cakka ag,”oik pun menangis di pundak agni.
”kata siapa?gak mungkin!!!”tanya agni.
”ify sendiri yang cerita sama aku,aku disuruh jauhin cakka”
”ify jahat banget sih,tenang aja , cepet atau lambat semuanya akan beres,daripada kamu sedih mending ikut main basket yukkk!!!!!!”ajak agni dengan maksud menghibur oik.
”tapi aku gak bisa main basket”
”tenang,aku ajarin kok”
”makasih ya ag,kamu baik deh,gak salah cakka sahabatan sama kamu”

    Keesokan harinya,ify dan cakka sedang duduk di kantin. Agni dan oik menghampiri mereka berdua,
”ehemmm,denger-denger kalian dah jadian yah?????tanya agni.
”haaahhhh?????jadian?????tanya cakka bingung.
”ya,aku denger kalian berdua dah jadian???cetus agni.
”ya ampun agni , gue sama ify cuma temenan aja,gak lebih”
“udah deh cak,lagian gue sama oik cuma mau ngucapin selamat aja kok”
“ag,loe ngomong apa sih????oik,kamu percayakan sama aku???cakka meyakinkan oik supaya mempercayainya.
“cak,maaf ya,kalau selama ini aku ganggu hubungan kalian”ucap oik dengan berlinang air mata.
“aduuuuhh,ada apa sih sebenernya?????”cakka tambah bingung.
“cak,kata ify kalian dah jadian”tanya oik.
cakka melirik pada ify yang sedari tadi menunduk lesu.
”ify,kamu ngomong apa sama mereka????”bentak cakka.
”akkk,,,akkkk,,akkuuu ,, huhh,aku suka sama kamu cak,aku kaya gini karena aku jealous saat mendengar bahwa oik lah cewek satu-satunya yang ada di hati kamu,kenapa kamu pilih oik???apa kurangnya aku dibanding oik cak????ify menjelaskan yang sebenarnya sambil meneteskan air mata.
”fy,kamu itu telalu sempurna buat aku,yang special di hati aku cuma oik karena oik sederhana dan berhati lembut”
Seketika agni dan ify sakit hati mendengar kejujuran cakka. Wajah oik memerah bagaikan buah delima.
”cak,ag, terutama oik,maafin aku ya,aku emang jahat sama kalian.oik,kamu emang cewek special,kamu maukan maafin aku???ify merasa bersalah atas semua perbuatannya.
”kenapa tidak???aku dah maafin kok”jawab oik.
Ify dan oikpun berpelukan,detik itupun cakka mengungkapkan perasaannya yang sejak dulu dia pendam kepada oik.
”oik,dah lama aku suka sama kamu,kamu maukan jadi pacarku????” cakka mengungkapkan perasaannya pada oik.
”aku,,,aku,,,,,,,,,”oik bingung untuk menjawabnya,oik jadi salah tingkah di depan semuanya dan tidak ingin menyakiti perasaan Ify.
”ayo ik,jawab!!!!!!!!!aku mohon”cakka mengemis cinta pada oik,semua anak-anak yang ada di kantin itupun bersorak. Kedua pipi oik memerah seketika.
”ik,kalo kamu emang suka sama cakka,terima aja”cetus agni.
”tau gak sih ik,cakka suka sama kamu dah lama banget ,dia selalu merhatiin setiap gerak-gerik kamu,sampai-sampai aku rela mengorbankan perasaanku sendiri!!”jelas agni dengan mata yang berkaca-kaca.
”maksud kamu????”tanya oik bingung.
Agni mulai menarik nafas perlahan , mencoba menenangkan dirinya sendiri.
”jujur,aku sudah lama menyukai Cakka, Cakka adalah sahabat yang baik bagiku,sampai suatu kali aku berharap hubungan kami lebih dari seorang sahabat,tapi aku nggak bisa memaksakan perasaan cakka terhadapku”cakka menatap mata agni.
”ag,maafin gue yah,gue memang bukan sahabat yang baik buat loe ”cakka merasa bersalah.
”nggak cak,loe adalah yang terbaik ,asalkan kamu bahagia aku juga bahagia.oik,please terima cakka ya”
”heeemmmmmm,sebenernya aku juga suka sama kamu cak,kamu orangnya baik”ucap oik malu-malu.
”jadi kamu terima aku ik????”tanya cakka penasaran.
”ya iyalah,masa ya iya dong”jawab oik.
”yeeee,horeeeeee!!!!!!!!!”cakka teriak kegirangan.
Sedangkan ify,oik dan agni hanya tersenyum simpul melihat ekspresi cakka.
”tapi kita berempat harus jadi sahabat oke”ucap cakka.
”pastinya !!!!!”sambung agni seraya merangkul pundak cakka.akhirnya mereka berempat merayakan kegembiraan mereka dengan makan-makan di kantin . persahabatan dan kasih sayang mereka tak akan lekang oleh waktu sampai kapanpun :)     

No comments:

Post a Comment